Beauty Privilege

Beberapa waktu yang lalu tubir tentang beauty privilege muncul (lagi) di linimasa saya. Kira-kira gambarannya begini:

Seorang cewek mencuitkan pengalamannya diberi tempat duduk kosong oleh laki-laki saat sedang mengantre padahal sebelum-sebelumnya dia nggak pernah diperlakukan seperti itu, satu hal yang menjadi dugaannya adalah itu terjadi karena menurutnya hari itu kebetulan dia lagi pakai baju seksi. Dia lalu mengakhiri cuitannya dengan “BEAUTY PRIVILEGE IS REAL Y’ALL” something like that pakai capslock.

Seorang cewek cantik lalu QRT thread tersebut dengan sinis, kira-kira nadanya begini:

“SIAPA BILANG ENAK ANJER, YANG ADA RISIH TAU NGA KEMANA-MANA SELALU DAPET UNWANTED ATTENTION” something like that dengan nada nyolot.

Lalu banyak yang emosi di replyan QRT mbaknya dengan banyak tweet balasan yang senada “Alah nggak usah munafik deh lo emang kenyataannya jadi orang cantik bikin hidup jadi lebih gampang kan”.

Kalo boleh jujur, saya di pihak mbak-mbak original poster. Saya bisa memahami ke-nggumun-annya tentang mendadak diperlakukan lebih spesial hanya karena tampil lebih cantik dari biasanya padahal sebelum-sebelumnya nggak pernah mendapat perlakuan begitu.

Mbak-mbak kedua emang agak bikin emosi sih karena nyolot dan terkesan being ungrateful bitch, but she got a point tho. Yang jadi salah dia adalah, dia sedang ada di posisi privileged yang diiriin banyak orang tapi dia menginvalidasi keirian dan kedengkian orang-orang itu dengan dismissing beneficial aspects of being pretty.

Debat tentang beauty privilege emang nggak ada habisnya dan selalu berulang. Makanya saya nggak pernah ikut-ikutan menanggapi. Tapi pengalaman saya soal beauty privilege kali ini lumayan bikin mikir dan memaksa saya untuk menuliskan post ini.

Dari kemarin saya lagi BM mie ayam, jadi tadi pagi sebelum berangkat ke kantor saya mampir dulu ke gerobak mie ayam kaki lima deket gang kosan, pertama kali makan di situ karena nggak pernah eksplor tempat makan sekitar kosan. Kebetulan aanya baru buka dan saya jadi pembeli pertama.

Lalu saya pesan, “A mie yamin pangsit biasa satu ya, manis.”

“Yang kayak mbaknya ya?” He said jokingly, but not in a flirty way. Kayak dia beneran memuji dan nggak menunjukkan ekspresi genit sedikitpun. Sebagai gambaran dia nggak keliatan kayak abang-abang yang suka catcalling pelangggan cewek, bahkan sambil nunggu mie mateng pun dia pujian sholawatan 🙂

Pas mie ayam saya sudah hampir habis dan tinggal makan pangsit dan sayurnya (saya selalu makan pelengkap di akhir) dia mulai ngajak saya ngobrol.

“Capek nggak sih teh jadi orang cantik?”, katanya membuka obrolan.

“Hah?”, saya menjawab dengan cengo mencoba menerka-nerka arah obrolan ini ke mana.

BUT HE SEEMED GENUINELY CURIOUS?!?

“Ya kayak sekarang aja teteh lagi makan saya ajak ngobrol. Risih nggak? Pasti sering kan digituin?”.

“Tergantung maksud obrolannya sih A, kalo genit dan godain ya pasti risih lah. Tapi selama nggak gitu, kalo ngobrol biasa aja mah ya nggak papa sih jawab-jawab aja”.

“Betul teh, kalo udah mulai kelewatan mah mending jawab seadanya aja”.

LAH DIA MALAH NGASIH LIFE ADVICE?!?

“Cowok mah emang suka gitu teh, wajar, kayak kucing ketemu ikan asin aja. Namanya juga liat orang cakep, apa lagi kayak teteh cantik, putih, bersih, pendidikan tinggi, kerja kantoran.. Pasti pengen nyapa dan ngajak ngobrol, kalo liat orang jelek mah boro-boro nengok aja juga ogah. Hidup mah emang adil”.

Di sini saya mulai agak triggered dengan logika berpikir aa mie ayam ini.

Pertama, perumpamaan kucing vs ikan asin itu misoginis.

Kedua, I was an ugly duckling too, jadi mewajarkan kalo cuma orang cakep yang layak diperlakukan baik itu menurut saya sangat menyakitkan dan diskriminatif.

Ketiga, ADIL DARI MANA ANJER?! Kalo kek gitu mah sistemnya yang justru bikin nggak adil lah! Tapi saya bisa memahami alur berpikir aa mie ayam ini, dia berargumen bahwa aspek estetika penampilan itu layak untuk ditukar dengan favor (perlakuan spesial).

Karena males debat dan udah jam masuk kantor saya cuma hehe-hehe aja.

Dia melanjutkan dengan ngasih life advice namun masih berbalut argumen bernada seksis, “Teteh ngekos di kos putri kan? Betul teh mending jangan di kosan campur, karena teteh pasti capek sendiri ntar, pasti bakalan banyak cowok yang ngedeketin dengan modus nawarin bantuan”.

I was internally screaming like, “OH MAN DON’T GET ME STARTED!”.

W UDAH PERNAH NGERASAIN JADI DUA-DUANYA ANJIR.. AND BOTH SUCKED! Jadi cewek jelek yang nggak pernah dianggep sama sekali sampe jadi cewek cakep(an) yang kemana-mana selalu diperlakuin ramah dan ditawarin dikasih barang/bantuan/kemudahan. Kayak??? KENAPASI U COWOK-COWOK NGGA BISA APA MEMPERLAKUKAN SEMUA CEWEK DENGAN SETARA KAN SEMUANYA SAMA-SAMA MANUSIA JUGA?!”

Tapi tentu saja gambaran keadaan ideal versi saya tersebut utopis dan tidak valid karena dari jaman purba juga ras manusia ini memang sudah punya beauty bias 🙂

Percakapan kami berakhir tepat saat gojek saya datang. Namun kepikirannya sampe sekarang. Emang topik cantik vs jelek bagi saya dan mungkin bagi banyak perempuan lain di luar sana ini sensitif.

Sekarang pun saya mengetik ini sambil mendengarkan “Nobody”-nya Mitski biar makin dapat emosinya haha.

Lagu tentang insecurity.

Btw seseorang yang sering merekomendasikan Mitski ini pernah menolak saya dan memperhalus penolakannya dengan “Bukan karena kamu jelek, kamu nggak seburuk itu kok” karena dia tahu dulu saya orang yang selalu insekyur. Dulu saya makin baper dan malah susah move on karena katanya-katanya itu, berpikir bahwa “Kenapa cowok sebaik ini nggak bisa gua milikin”.

Tapi sekarang kalau dipikir-pikir lagi, kok dulu saya berasa menyedihkan banget ya dan sebenarnya sedang dikasihanin karena bahkan cowok itu harus memperhalus penolakannya karena tahu betul saya pasti akan mental breakdown dan menyalahkan keadaan fisik.

alias.. asem 🙂

5 pemikiran pada “Beauty Privilege

Tinggalkan komentar